IBX5A82D9E049639

Saturday, 25 February 2017

RPP Kelas 5 SD Semester 1

RPP Kelas 5 SD Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :         __________________________________
Kelas / Semester              :     V / 1
Tema 1                              :     Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1                      :     Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke            :     3
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :     Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2    :     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3    :     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4    :     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

PKn
3.6       Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup
4.6       Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antardaerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

Matematika
3.2       Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.8       Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

C.   INDIKATOR
Bahasa Indonesia
¡  Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
¡  Mengidentifikasi dari bacaan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan.

PKn
¡  Mengidentifikasi keperluan hidup anggota keluarga di rumah
¡  Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari-hari di rumah

Matematika
¡  Mengenal arti perkalian pecahan.
¡  Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
§  Dengan eksplorasi, siswa mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar asal barang dengan cermat dan teliti.
§  Dengan diskusi, siswa membuat daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain secara demokratis dan komunikatif.
§  Dengan studi pustaka, siswa menemukan informasi berkaitan dengan dan perubahan-perubahan alam yang disebabkan perilaku manusia.
§  Dengan membaca, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
§  Dengan berlatih, siswa melakukan perkalian dalam bentuk pecahan.

E.    MATERI PEMBELAJARAN
§  Kebutuhan anggota keluarga dan membuat daftar asal barang
§  Daftar barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain
§  Informasi berkaitan dengan perubahan-perubahan alam yang disebabkan perilaku manusia
§  Contoh perubahan alam yang diakibatakan karena perilaku manusia
§  Perkalian dalam bentuk pecahan

F.    PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
§  Pendekatan           : Saintifik
§  Metode                  :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit
Inti
§  Guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi keterkaitan air dengan kebersihan. Kemudian dilanjutkan dengan meminta siswa menyebutkan kebutuhan sehari-harinya yang membutuhkan bantuan atau campur tangan orang lain.
§  Setelah semua siswa memberikan jawaban, guru mengkonfimasi jawaban-jawaban siswa.
§  Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berikutnya.
§  Secara interaktif, guru memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kebutuhan.
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat.
§  Setelah memahami jenis-jenis kebutuhan, secara mandiri siswa diminta untuk mengidentifikasi kebutuhan anggota keluarganya dan cara memenuhinya.
§  Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi. Adapun kalimat kuncinya adalah Banjir benar-benar telah melumpuhkan aktivitas warga. Warga tidak bisa ke sekolah, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain seperti biasa.Namun ada satu hal yang membanggakan. Dalam suasana keprihatinan karena banjir, jiwa solidaritas diantara sesama warga cenderung meningkat. Mereka saling membantu, saling memenuhi kebutuhan terutama sandang dan pangan. Bahkan solidaritas itu juga ditunjukkan warga dari daerah lain yang tidak dilanda banjir. Mereka memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, pakaian, dan merelakan rumahnya untuk tempat pengungsian.
180 menit
§  Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
§  Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
§  Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
§  Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
§  Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
§  Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi

§  siswa diminta membaca teks yang berjudul Lahar subur tekuras, kembalikan dengan pupuk organik.
§  Siswa diminta menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi perubahan alam.
§  Siswa juga diminta untuk menemukan informasi pada bacaan yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.

§  Guru memberikan penjelasan mengenai perklaina pecahan dengan menggunakan kertas berpetak.
§  Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya dan membrikan tanggapan terhadap penjelasan guru.
§  Guru menunjukan beberapa siswa untuk mencoba mensimulasikan perkalian pecahan dengan menggunakan kertas berpetak

§  Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri.
§  Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
§  Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.

§  Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sduah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
§  Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia dan memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, mengerti perkalian pecahan, dan mengidentifiaksi kebutuhan anggota keluarga

Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.   SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
§  Buku, gambar, teks, kertas berpetak, ketas hvs

I.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Perkalian Pecahan
Kompetensi yang dinilai:
§  Pengetahuan konsep perkalian pecahan
§  Keterampilan mengguanakan konsep perkalian pecahan untuk mengerjakan soal
§  Percaya diri, mandiri, dan rasa ingin tahu terhadap perkalian pecahan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh lang­kah pengerjaan dilakukan
Sebagian besar langkah penger­jaan dilakukan
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
Sebagian besar pertanyaan diisi
Sebagian kecil pertanyaan diisi
Sama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertan­yaan
Sebagian Kecil jawaban benar sesuai pertan­yaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu
Percaya diri, se­sekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
Tidak percaya diri, mengan­dalkan bimb­ingan guru
Menyontek

Rubrik mencari tahu
Kompetensi yang dinilai:
§  Pengetahuan cara membuat kesimpulan
§  Keterampilan membuat kesimpulan dengan benar, sistematis, dan jelas
§  Kecermatan dan ketelitian dalam membuat kesimpulan

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan Pengetahuan:
Kesimpulan yang ditulis merep­resentasikan isi, menunjukkan pengetahuan penulis yang menyeluruh atas materi
Keseluruhan kes­impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan in­formasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.
Keseluruhan kes­impulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca
Sebagian be­sar kesimpulan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi sing­kat yang berguna bagi pembaca
Hanya sebagian kecil kesimpulan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberi­kan informasi singkat yang ber­guna bagi pem­baca
Penggunaan Bahasa Indone­sia yang baik dan benar :
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan kesimpulan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penu­lisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluru­han penulisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
Bahasa Indone­sia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
SIkap:
Kesimpulan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan ma­teri yang ditugas­kan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik dan terpuji
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan Penulisan:
Ringkasan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan ket­erampilan penu­lisan yang baik
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang baik
Sebagian besar hasil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang terus berkembang
Hanya seba­gian kecil ha­sil penulisan ringkasan yang sistematis dan benar menunjuk­kan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan




Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas V



( ___________________ )
NIP ..................................


No comments:

Post a Comment

you say