Abstract
Proses pembelajaran bagi
mahasiswa tidak cukup dilakukan hanya dengan membaca, mendengar dan menulis.
Pembelajaran membutuhkan banyak hal termasuk metode efektif untuk mencapai
tujuan belajar secara efisien.Sekarang banyak motode pembelajaran inovatif seperti
learning cycle, problem posing, dan brainstormingditerapkan oleh praktisi
pendidikan dengan hasil positif. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menjawab
masalah (1) adakah pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar? (2)
metode manakah yang paling efektif?Desain penelitian ini adalah Pre Test Post
Test Control Design.Kelompok yang dikenai metode pembelajaran problem posing
menjadi kelas kontrol.Dua kelas lainnya menjadi kelas eksperimen masing-masing
dikenai metode learningcycle dan brainstorming.Dari tabel Anova angka Sig.0.042
yang kurang dari 0.05 menunjukkan bahwa hipotesis ditolak, berarti terdapat perbedaan
sinifikan antara tiga hasil belajar.Perbedaan signifikan tersebut terjadi
antara hasil belajar kelas LC dan kelas BS.Berdasarkan kenyataan seperti itu,
disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar dan
metode brainstorming lebih efektif dari dua metode lainnya.
Kata-kata kunci: Learning cycle, problem posing,
brainstorming dan hasil belajar
No comments:
Post a Comment
you say