IBX5A82D9E049639

Thursday, 29 March 2018

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Abstract

Proses pembelajaran bagi mahasiswa tidak cukup dilakukan hanya dengan membaca, mendengar dan menulis. Pembelajaran membutuhkan banyak hal termasuk metode efektif untuk mencapai tujuan belajar secara efisien.Sekarang banyak motode pembelajaran inovatif seperti learning cycle, problem posing, dan brainstormingditerapkan oleh praktisi pendidikan dengan hasil positif. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menjawab masalah (1) adakah pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar? (2) metode manakah yang paling efektif?Desain penelitian ini adalah Pre Test Post Test Control Design.Kelompok yang dikenai metode pembelajaran problem posing menjadi kelas kontrol.Dua kelas lainnya menjadi kelas eksperimen masing-masing dikenai metode learningcycle dan brainstorming.Dari tabel Anova angka Sig.0.042 yang kurang dari 0.05 menunjukkan bahwa hipotesis ditolak, berarti terdapat perbedaan sinifikan antara tiga hasil belajar.Perbedaan signifikan tersebut terjadi antara hasil belajar kelas LC dan kelas BS.Berdasarkan kenyataan seperti itu, disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar dan metode brainstorming lebih efektif dari dua metode lainnya.


Kata-kata kunci: Learning cycle, problem posing, brainstorming dan hasil belajar


No comments:

Post a Comment

you say