MUH. ILYAS ISMAIL
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jl. Samata Gowa Sulawesi Selata
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD 03, dan 05 pagi Jakarta Timur, sampel 80 orang siswa, pengujian statistik inferensial dengan kesimpulan hasil penelitian adalah:
(1). Dengan mengontrol pengetahuan awal IPA siswa, terdapat perbedaan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standara kompetensi (2). Dengan mengontrol pengetahuan awal IPA siswa, hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap tatap muka lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi penilaian formatif pada setiap standar kompetensi.
Kata Kunci: intensitas penilaian formatif, iImu pengetahuan alam, hasil belajar, dan pengetahuan awal.
No comments:
Post a Comment
you say