HASBULLAH
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika & IPA
Universitas Indraprasta PGRI
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga dan pengetahuan awal IPA terhadap prestasi belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 102 orang siswa dengan teknik acak sederhana. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh positif komunikasi keluarga dan pengetahuan awal IPA secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA, 2) ada pengaruh positif komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar IPA, 3) ada pengaruh pengetahuan awal IPA terhadap prestasi belajar IPA.
Kata kunci: komunikasi keluarga, kemampuan awal,prestasi belajar
Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of family communication and early knowledge ofscience to learn science achievement. The method used issurvey method. Samples were taken as many as 102students with a simple random technique. Data analysisusing correlation and regression techniques. The results showed: 1) there is a positive influence of family communication and knowledge of early science together onscience learning achievement, 2) there is a positiveinfluence of family communication on science learning achievement, 3) no prior knowledge of the influence ofscience on science learning achievement.
Keywords: family communication, the ability of earlylearning, learning achievement
No comments:
Post a Comment
you say